08 May 2005

impian

obrolan yang menarik dengan Budi Wetman hari ini. impian.
pembicaraan yang membuat gw memahami mimpi gw. independensi - bersenang senang - sosial.
3 kata kunci.

gw akhirnya menyadari yang selama ini gw bentuk adalah ketidak tergantungan gw pada suatu hal. hal itu bisa berupa seseorang, kelompok, barang, perasaan, situasi, apapun. dengan ketergantungan, gw merasa punya keterikatan. keterikatan membuahkan tanggung jawab. juga menyediakan hak. tapi ini kalo kita bicara dalam konteks hubungan sosial. tidak dengan benda-benda mati. independensi gw terjemahkan jg sebagai kemampuan menangani sendiri masalahnya. tu dia yang bikin gw solitaire, sendirian, kerja sendiri.

gw menyadari pada banyak situasi yang melibatkan orang lain, sulit sekali gw menjalankan rencana gw sendiri. banyak toleransi - kompromi - konformitas yang gw jalani. sedangkan ideal gw adalah rencana yang gw rancang. akhirnya pilihan yang gw hadapi adalah : konformitas, kompromi, mengalah atau mengerjakan sendiri. beruntunglah gw yang punya pengalaman kerja dalam tim selama di kampus. gw makin kenal diri gw sendiri.

entah dimana pun juga, gw pasti bekerja bersama dengan orang lain. toleransi penting untuk memahami sudut pandang. tapi itu juga ga cukup, butuh sebuah kebesaran hati atau arogansi untuk membuat langkah selanjutnya.

bermula dari pertanyaan 'apa impian lo?'. yang gw harapkan selama gw hidup sederhana, gw cuma mau bersenang-senang, punya uang pa enggak, dengan cara apapun, dimanapun. gw cuma mau senang. ga usah pusing mikirin banyak hal. yaa... bisa juga diterjemahkan menjadi ga mo ambil tanggung jawab mencari nafkah untuk diri sendiri.

begitulah. gw jga ga tau apa yang gw tulis hari ini.

No comments: