03 June 2007

apa isi pikiranmu, pengemis

aku menumpang hidup
pada jalan raya yang megah
dan kilau lampu toko

belas kasihan saja yang buat aku hidup

jangan sebut semangat,
tak ada dalam kamusku.
apa itu bara dalam hati,
aku tak kenal.

karma apa yang aku jalani,
dari hidup sebelum yang ini.

aku hanya minta sedikit saja
seharga sesuap mie kuah berkejumu itu
uangkan untukku,
biar aku bisa melangkah
ke lain tenda.

tapi,
tak ada harga diriku
kibasan tangan saja yang menyambut
bahkan tak ada tatapan sungkan mereka
mereka anggap aku ini lalat
yang mengganggu makan malam
atau busuk yang melahap selera makan

aku jadi bertanya,
apakah aku manusia
ataukah aku borok?
(borok menjijikan pada kulit pembangunan)
apakah aku nista
yang disebut-sebut dalam kitab suci?

depok, 1 juni 2007


melihat pada sosok pengemis yang ditolak sedekahnya.
yang menolak : gw.

No comments: