24 December 2017

Bright (2017)

masih ingat ras-ras di film lord of the ring? nah, di film bright, ras orc hidup damai dengan ras manusia, elf, fairy, dan dwarf di dunia modern masa kini. pertempuran antar bangsa dikatakan terjadi 2.000 tahun yang lalu. film aksi fantasi ini bukan film anak atau remaja karena ada adegan telanjang, tembak-menembak, konsumsi obat, dan darah. oh iya, percakapan di film ini penuh dengan kata f***.
tokoh film ini adalah sepasang polisi Los Angeles -  manusia Ward dan orc Jakoby - yang harus melindungi seorang elf remaja - Tikka dari kejaran kelompok Inferni, yaitu golongan elf yang berupaya membangkitkan kekuatan sihir jahat. Tikka adalah pembelot Inferni, yang juga adik ketua Inferni Leilah. sementara bersembunyi dan menghindari Inferni, trio Ward-Jakoby-Tikka juga harus berhadapan dengan gangster manusia dan orc, polisi manusia yang korup, dan petugas federal elf yang obsesif.
di film ini, ras elf digambarkan sebagai kaum kaya dan pengusaha, orc sebagai pembuat masalah dan anggota gang, dan fairy seperti hewan liar yg menganggu. orc seolah-olah musuh bersama semua ras. ini terlihat dari ketidaksukaan polisi-polisi lain pada Jakoby, polisi memukuli tiga orc di jalanan, dan banyak percakapan negatif tentang ras orc.
alur cerita dan konfliknya tidak rumit, juga adegan-adegan perkelahian standar film polisi/detektif. walaupun berunsur fantasi, film ini tidak menonjolkan fiksi dan sihir seperti di LOTR dan film sejenisnya. saya melihat film ini lebih memotret relasi antar ras di lingkup pekerjaan dan masyarakat. selain itu, pengelompokan ingroup dan outgroup terasa kental lewat penggambaran konflik batin Ward bermitra dengan Jakoby dan dialog Jakoby tentang dirinya yang tidak diakui kelompok orc. film ini diproduksi dan ditayangkan oleh netflix, namun bisa distreaming di situs-situs kesayangan anda.
selamat menonton.
Mks, 24 des 2017

No comments: