30 June 2005

sering kali gw berpikir bahwa gw gila. mending kalo gila beneran.. ini mah, enggak !!!
kalo film 'patch adams' sih, jelas, dia milih masuk rsj karena merasa gila, ternyata dia jenius. lha gw ? gila juga ga ketauan, jenius ? terakhir kali cek intelegensi di komputer cibubur, ternyata cuma sedikit di atas rata2.
jadi tetep pertanyaan itu blom ketemu jawabannya. gw ini gila apa enggak ?
emang, mikir itu menyenangkan buat gw. mikir ini itu, buat rencana ini itu, berkhayal ini itu. toh semua sebenernya masuk dalam kategori berpikir. gara2 kebanyakan itu, gw jadi gini.
kadang2 sakit kepala. kadang2 butuh rokok lebih banyak lagi untuk diisap karena ... karena gw kecanduan.

hari ini, gw nunggu kakek di warung sampe 1 jam. sial. kirain kluar rumah jam 1/2 1, jadi jam 1 gw dah nunggu. ternyata baru nongol hampir jam 1/2 3. yah.. gimana pun akhirnya gw menceburkan diri dalam alam pikiran gw sendiri.
tadi gw beli rokok dll sampe 10 ribu rupiah. apa yg gw dapet dari uang 10 ribu? ngisep asep, sakit leher, rasa mentol di tenggorokan.
trus gw liat ibu2 tua, ya kira2 50 taunan deh. ngegendong karung isi kardus2. kulitnya item, sederhana. nanya gw apa kardus di sebelah gw (padahal itu tempat sampahnya warung) dipake pa enggak, sambil senyum. gw terasa nyesel. uang 10ribu gw beli buat dibakar. tu orang mungkin nyari duit 10rb buat beli beras ama garem doang kali.

kadang gw merasa bodoh sebodoh2nya. kadang merasa lemah. tu duit 10 ribu, kalo gw tiap hari ke kampus, ngelewatin beberapa pengemis. 1 orang sehari gw kasih 500 aja, gw bisa ngasih mmm.... 20 hari. kenyataannya, tuh duit 10 ribu, cm nyisa 1 batang samsoe ama korek gas yg skrg lagi nemenin gw nulis blog ini.

td gw jg mikir, berani ga ya gw milih jalan yang ga diambil banyak orang. gw tertarik dengan pembangunan cara berpikir orang, mungkin istilah umumnya, 'pendidikan'. makanya gw mau terlibat jadi 'tim kecil' bkp 2003/4, trus skrg jg tertarik lagi bantu temen2 gw ngurusin caang bkp 2004/5. gw emang suka mengkonstruksi pemikiran orang yg masih lugu. padahal gw sendiri ga punya apa2 untuk ditawarkan. hehehe... merendah nih. ga tau deh. gw si suka dengan memberikan pandangan2 yang sederhana, pake hati, mengurangi egoisme, mengenali diri sendiri. yah... topik2 kayak gitu deh.
balik lagi ke jalan yang ga diambil banyak orang. kl abis lulus ini gw kerja dengan orang2 daerah, yang masih terbelakang, mereka yang masuk kategori gaptek atau 'polos', blom kenal materialisme atau teknologi, yang masih murni memegang budaya adat mereka. gila !!! menyenangkan buat gw kali ya. gw belajar wisdom dari mereka. tp gw bisa ngapain di sana ?
ga tau deh, menyenangkan aja buat gw.... kaya si enggak. tp gw mau menjauh dari temen2 gw di sini aja. ada faktor mengalienasi diri.

1 comment:

Anonymous said...

I like the first two paragraphs. It's very powerful -- dan banyak "kejutannya."